syarat ketentuan

Program tunas MCU merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemberian beasiswa kepada pelajar/mahasiswa berprestasi namun mengalami kendala finansial sehingga tidak dapat meneruskan Pendidikan.

Selain dukungan finansial selama 1 (satu) semester dan dapat diperpanjang, Tunas MCU juga memberikan berbagai pelatihan keterampilan lunak (soft skills) guna mempersiapkan calon pemimpin di masa depan.

Melalui program pemberdayaan masyarakat ini pelajar/mahasiswa mendapatkan keterampilan yang seimbang antara pencapaian akademik (hard skills) dan keterampilan lunak (soft skills) sehingga diharapkan dikemudian hari menjadi pemimpin yang cakap secara intelegensia maupun emosional. Pada tahap awal, tunas MCU akan menyelenggarakan tunas Pratama yaitu pemberian beasiswa kepada pelajar berprestasi kelas 9 (kelas 3) pada tingkat yang akan melanjutkan ke tingkat SMA/SMK dan atau pelajar berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di kelas 2 dan 3 SMA/SMK.

Seperti apa Syarat dan Ketentuan mengikuti Program tunas Pratama MCU?

1. Syarat Umum

a. Berasal keluarga kurang sejahtera di wilayah Kantor Cabang MCU dengan kriteria pemegang Surat Keterangan Tidak Mampu atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami dan istri) maksimal sebesar Rp 2.000.000,00 (dua juta rupiah) per bulan dan atau pendapatan gabungan ortu/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) setiap bulannya;

b. Sedang menempuh pendidikan kelas 9 (kelas 3) di tingkat SMP/sederajat yang akan melanjutkan ke tingkat SMA/SMK dan atau pelajar berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di kelas 2 dan 3 SMA/SMK dengan nilai rata – rata rapor sekurang – kurangnya 80 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Sedangkan mata pelajaran lainnya masing – masing memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

2. Syarat Khusus

a. Bersedia untuk mengikuti kegiatan di Kantor MCU sebulan satu kali;

b. Bersedia untuk mematuhi perjanjian yang disepakati dan ditandatangani bersama.

3. Syarat administrasi berkas pendaftaran: 

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Pelajar;
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Ayah dan Ibu/wali;
  3. Akta Kelahiran;
  4. Kartu Keluarga;
  5. Bukti Pembayaran PBB/pembayaran listrik;
  6. Surat Pernyataan dari Kepala Sekolah bahwa tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain;
  7. Foto ukuran 4×6 cm dengan menggunakan seragam sekolah;
  8. Transkrip Nilai terakhir/Nilai Rapor yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  9. Ijasah/Surat Keterangan Lulus;
  10. Piagam penghargaan yang telah dilegalisir (apabila ada).

 Seluruh berkas yang telah dinyatakan lengkap akan mendapatkan e-mail dari [email protected].